Sedekah Hari Jumat, Dahsyat Keutamaannya

Bismillah….

Secara umum, amal shalih yang dikerjakan di waktu dan tempat yang mulia, akan bernilai pahala lebih besar dibanding yang dikerjakan di waktu dan tempat yang tidak memiliki keistimewaan.

Salahsatu waktu mulia yang cocok diisi amal shalih adalah, hari Jumat.

Dalam hadis dari sahabat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلاَ تَقُومُ السَّاعَةُ إِلاَّ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ

Hari terbaik yang matahari terbit di dalamnya, adalah hari Jum’at. Di hari itu Adam diciptakan. Di hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan dari surga. Dan Hari kiamat tidaklah terjadi, kecuali pada hari Jum’at.” (HR. Muslim no. 2912)

Hal ini menjadikan sedekah atau amal ibadah lainnya yang wujudnya mendermakan harta, dan segala amal ibadah lainnya, jika dilakukan di hari Jumat nilai pahalanya lebih besar dan berharga.

Dalam kitab Tuhfatul Habib Ala Syarhil Khatib atau yang Dikenal “Al-Bujairimi ‘Alal Khotib” (fikih Syafi’i) diterangkan,

ويسن كثرة الصدقة وفعل الخير في يومها وليلتها، ويكثر من الصلاة على رسول الله صلى الله عليه وسلم في يومها

“Di hari dan malam Jumat, disunahkan memperbanyak sedekah dan shalawat kepada Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam.” (Al-Bujairimi ‘Alal Khotib, 4/431)

Imam Ibnul Qayyim rahimahullah juga menerangkan sama saat berbicara tentang keistimewaan hari Jumat,

الخامسة والعشرون: أن للصدقة فيه مزية عليها في سائر الأيام، والصدقة فيه بالنسبة إلى سائر أيام الأسبوع ، كالصدقة في شهر رمضان بالنسبة إلى سائر الشهور

“Sedekah di hari Jumat lebih afdol daripada sedekah di hari yang lain. Perbandingan sedekah di hari Jumat dengan sedekah yang dilakukan di hari lain dalam sepekan, seperti perbandingan sedekah di bulan Ramadhan dengan bulan-bulan lainnya.” (Zadul Ma’ad 1/248)

Momentum ini bisa dipilih sebagai trik bersedekah atau juga berdonasi. Agar dapat meraup keuntungan pahala lebih banyak. Dan sebagai upaya berlomba-lomba dalam kebaikan.

Wallahul muwaffiq.

Mari dukung TheHumairo.com dengan menjadi donatur tetap operasional bulanan, klik di sini.

@Ditulis di : Lereng Gunung Merbabu, Magelang 12 Shafar 1442 H


Ditulis oleh : Ahmad Anshori (Pengasuh Thehumairo)

Artikel : TheHumairo.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here