Harta Waisat Untuk Ahli Waris Bagaimana Statusnya?

Bismillahirrahmanirrahim

Keluarga yang menjadi ahli waris, yang tidak ada penghalang yang menggugurkan keberhakan mendapatkan warisan, maka tidak boleh mendapatkan warisan. Seluruh ulama empat mazhab yang masyhur (Hanafi, Maliki, Syafi’i, Hambali) sepakat tidak boleh memberikan wasiat kepada ahli waris. Dalilnya sabda Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam,

إن الله قد أعطى كل ذي حق حقه فلا وصية لوارث

Sesungguhnya Allah telah memberi setiap pemilik hak, haknya. Maka tidak ada wasiat untuk ahli waris. (HR. Ahmad dan Ashhab Sunan dan Nasa-i)

Akantetapi, wasiat kepada ahli waris bisa menjadi halal atau boleh dengan jika ahli waris yang lain merelakan. Seluruh imam empat Mazhab sependapat demikian. Namun sebagian ahli fikih menambahkan dua syarat :

Pertama, ahli waris lain merelakan pada saat mereka layak memberikan kerelaan.

Maksudnya layak merelakan, ketika merelakan dia sebagai orang yang berakal, tidak terbelenggu oleh kondisi sakit yang menyebabkan kematiannya, tidak sebagai orang yang safih (kurang akalnya dalam bersikap dan berinteraksi dengan harta) dan dia tahu dengan harta apa yang diwasiatkan.

Kedua, perelaan tersebut terjadi setelah wafatnya pemberi wasiat (bisa orangtua atau yang lainnnya).

Dalil kesimpulan ini adalah, hadis dari Amr bin Syu’aib kemudian dari ayah lalu kakaknya, Nabi shalallahu alaihi wa sallam bersabda,

لا وصية لوارث إلا أن يجيز الورثة

Tidak boleh ada wasiat kepada ahli waris kecuali ahli waris yang lain membolehkan/merelakan.” (HR. Daruqutni)

Hadis ini dikuatkan oleh pernyataan sahabat yang mulia Abdullah bin Abbas radhiyallahu’anhuma,

لا تجوز وصية لوارث إلا أن يشاء الورثة.

“Tidak boleh wasiat diberikan kepada ahli waris kecuali ahli waris yang lain merelakannya.”

Kerelaan Terjadi dari Sebagian Ahli Waris Saja?

Jika kerelaan terjadi dari sebagian ahli waris saja, maka penerima wasiat mendapatkan bagian sesuai bagian yang direlakan. Sebagaimana keterangan dalam Ibnu Qudamah rahimahullah dalam kitab Al-Mughni,

وإن وصى لوارث فأجاز بعض باقي الورثة الوصية دون البعض‏,‏ نفذ في نصيب من أجاز دون من لم يجز

“Jika seorang pemberi waris mewasiatkan harta kepada ahli warisnya, lalu disetujui oleh sebagian ahli waris saja, maka wasiat sah pada bagian yang mendapat persetujuan tersebut, dan bagian yang tidak mendapatkan persetujuan dari ahli waris yang lain, menjadi tidak sah.” (Al-Mughni 6/500)

Ibnu Qudamah rahimahullah melanjutkan,

فإن أجاز بعضهم بعض الوصية‏,‏ وأجاز بعضهم جميعها أو ردها فهو على ما فعلوا من ذلك

“Jika sebagian ahli waris membolehkan sebagian wasiat, namun yang lain menyetujui semua wasiat atau menolak semua, maka jatah wasiat yang didapat penerima wasiat (dari ahli waris itu) adalah sesuai bagian yang disetujui.” (Al-Mughni 6/500)

Kami perjelas dengan contoh :

Oangtua sebelum meninggal mewasiatkan sebidang sawah untuk anak terakhir. Setelah orangtua meninggal dunia, ada beberapa kemungkinan respon ahli waris yang lain terhadap wasiat ini :

– Jika seluruh ahli waris merelakan maka sawah itu menjadi halal dan hak anak penerima wasiat.

– Jika yang setuju sebagian ahli waris saja, yang lain tidak, maka anak terakhir yang menerima wasiat mendapatkan bagian dari wasiat sesuai bagian yang disetujui.

Misal orangtua meninggalkan 5 orang anak. Yang merelakan wasiat itu hanya 2 saudara/i-nya, yang 2 sisanya tidak, maka anak yang mendapat wasiat sawah hanya berhak mendapatkan sawah 3/5 nya saja, 2/5 nya dikembalikan kepada 2 saudara/i-nya yang tidak setuju. Karena pada asalnya harta wasiat itu menjadi hak semua anaknya, sehingga jatah masing-masing anak 1/5. Namun di saat 2 saudara/i-nya setuju, jatah 2 saudara/i-nya tersebut menjadi halal untuk si anak penerima wasiat, yang tadinya dia mendapatkan 1/5, dia mendapat tambahan jatah dari 2 saudara/i-nya itu 2 bagian, sehingga jatahnya yang tadinya 1/5 bertambah dua bagian jadi 3/5.

– Jika sebagian saudara/inya setuju seluruh sawah wasiat untuk anak terakhir, namun sebagian yang lain tidak setuju, maka jatah wasiat untuk anak terakhir hanya bertambah dua bagian saja. Sama dengan teknis pembagian pada poin di atas.

Jadi begini, 2 saudara/i-nya merelakan adiknya mendapat semua wasiat yakni sawah. Namun 2 saudara/i-nya lainnya menolak seluruhnya, maka si adik tetap hanya berhak mendapatkan 3/5 sawah saja, karena mendapat tambahan jatah dari 2 saudara/i-nya yang setuju.

Demikian, semoga dapat mencerahkan.

Wallahua’lam bis showab.

Sanden, Hamalatul Quran, Jogjakarta  25 Dzulhijjah 1442 H


Ditulis oleh : Ahmad Anshori

Artikel : TheHumairo.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here