Bismillah…
Sahabat Sahl bin Sa’ad –radhiyallahu’anhu-, mengabarkan hadis dari Nabi shallallahu’alaihi wa sallam,
في الجنة ثمانية أبواب فيها باب يسمى: الريان لا يدخله إلا الصائمون
“Di Surga ada delapan pintu, diantaranya ada yang dinamai : pintu Ar Royan, tak ada yang memasukinya kecuali orang-orang yang berpuasa.” (HR. Bukhori)
Ada kajian para ulama, tentang delapan ini apakah maknanya pembatasan jumlah atau delapan ini pintu utama, kemudian masih banyak pintu surga lainnya?
Mari kita simak jawabannya melalui kajian terhadap dua hadis di bawah ini :
[1] Hadis Abu Hurairah –radhiyallahu’anhu-.
Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam mengabarkan,
لكل أهل عمل باب من أبواب الجنة يدعون بذلك العمل
Setiap amal kebaikan ada pintunya di antara pinti-pintu surga. Mereka akan dipanggil ke sebuah pintu surga dengan nama amalnya. (HR. Ahmad 9799, sanadnya dinilai shahih oleh Al Hafidz Ibnu Hajar dalam Fathul Bari)
[2] Hadis Anas bin Malik -radhiyallahu’anhu-.
Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda,
من توضأ فأحسن الوضوء ثم قال ثلاث مرات: أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له, وأشهد أن محمداً عبده ورسوله. إلا فتح له ثمانية أبواب الجنة من أيها شاء دخل
Siapa yang berwudhu kemudian memperbagus wudhunya, kemudian dia mengucapkan doa ini tiga kali:
Asy hadu an laa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalah, wa asy hadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuluh.
Melainkan akan dibukakan untuknya delapan pintu surga, kemudian dia dipersilahkan masuk melalui pintu manapun.” (HR. Muslim 234)
Kedua hadis di atas tampak memberikan informasi yang berbeda tentang jumlah pintu surga. Namun, hadis ini bisa dipadukan. Sehingga kesimpulan yang bisa ditarik dari perpaduan dua hadis ini, delapan pintu tersebut adalah pintu utama dan masih banyak pintu-pintu yang lain.
Al Qurtubi rahimahullah berdalil dengan hadis setiap amal sholih ada pintu surga, bahwa delapan pintu itu adalah pintu utama. Beliau menyatakan,
هذا يدل على أن أبواب الجنة أكثر من ثمانية
Ini menunjukkan bahwa pintu surga lebih dari delapan…
Ibnu Hajar Al ‘Asqolani juga menyimpulkan senada,
ويحتمل أن يكون بالأبواب التي يدعى منها أبواب من داخل أبواب الجنة الأصلية؛ لأن الأعمال الصالحة أكثر عددًا من ثمانية، والله أعلم
Bisa jadi maksud pintu-pintu itu adalah pintu-pintu utamanya surga. Karena amal sholih jumlahnya lebih dari delapan. Wallahua’lam. (Fathul Bari, 7/28)
Sekian..
Wallahua’lam bis showab.
Baca Juga:
Ditulis oleh : Ahmad Anshori
Artikel : TheHumairo.com