Gunung Emas di Kongo Tanda Kiamat?

Bismillahirrahmanirrahim

Sebuah gunung yang diklaim mengandung 90 % emas telah ditemukan di desa Luhihi, Provinsi Kivu Selatan, Kongo Afrika. Kabar ini mendadak viral dan menjadi perhatian dunia, tak ketinggalan tentu saja nitizen Indonesia. Seorang penceramah tanah air menyampaikan, bahwa gunung emas di Kongo ini adalah tanda dekatnya kiamat. Yang menjadi argumen (dalil) kesimpulan ini adalah hadis shahih yang menceritakan tentang salahsatu tanda dekatnya kiamat adalah munculnya gunung emas di sungai Efrat. Berikut kami nukilkan haditsnya :

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَا تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يَحْسِرَ الْفُرَاتُ عَنْ جَبَلٍ مِنْ ذَهَبٍ، يَقْتَتِلُ النَّاسُ عَلَيْهِ، فَيُقْتَلُ مِنْ كُلِّ مِائَةٍ، تِسْعَةٌ وَتِسْعُونَ، وَيَقُولُ كُلُّ رَجُلٍ مِنْهُمْ: لَعَلِّي أَكُونُ أَنَا الَّذِي أَنْجُو

Kiamat tidak akan terjadi sampai Sungai Efrat mengering, sehingga menyibak gunung emas. Orang-orangpun saling bunuh untuk memperebutkannya. Dari setiap seratus orang yang memperebutkannya,, terbunuhlah sembilan puluh sembilan orang. Setiap orang dari mereka mengatakan, “Mudah-mudahan aku orang yang selamat.” (HR Muslim No 2894)

Hadis yang semakna diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Tirmidzi. Nabi shalallahu alaihi wa sallam bersabda,

يوشك الفرات أن يحسر عن كنز من ذهب فمن حضره فلا يأخذ منه شيئًا

Hampir saja sungai Efrat menyibak tumpukan emas. Siapa yang hadir di tempat tersebut, maka jangan ada yang mengambil sedikitpun.”

Disebutkan pula di hadis Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, Nabi shalallahu alaihi wa sallam bersabda,

لا تذهب الدنيا حتى ينجلي فراتكم عن جزيرة من ذهب، فيقتتلون عليه، فيقتل من كل مائة تسعة وتسعون

Dunia ini tidak akan berakhir sampai sungai Efrat kalian menyibakkan sebuah pulau dari emas. Orang-orang akan saling membunuh untuk memperebutkannya. Dari setiap seratus orang yang memperebutkannya, terbunuhlah sembilan puluh sembilan orang.” (HR. Hambal bin Ishaq di dalam kitab al-Fitan dengan sanad shahih)

Benarkah gunung emas di Kongo adalah yang dimaksud dalam hadis ini? Sehingga bisa diyakini sebagai tanda dekatnya kiamat?

Menjawabnya sangat mudah alhamdulillah, cukup kita gali informasi, dimana letak sungai Efrat?

Dr. Syauqi Abu Khalil di dalam Athlas al-Hadits an-Nabawi (hal. 293), menjelaskan bahwa Eufrat adalah sungai yang mengalir dari timur laut Turki. Sungai ini membelah Pengunungan Toros, kemudian mengalir ke Suriah di Kota Jarablus. Lalu melewati ke negari Irak, tepatnya di Kota al-Bukmal. Dan bertemu dengan Sungai Tigris di al-Qurnah. Kemudian Efrat bermuara di Teluk Arab. Panjang sungai itu mencapai 2.375 kilometer. Dua anak sungainya, yaitu Al-Balikh dan Al-Khabur, saat ini sudah mengering.

Maka jelas bahwa sungai Efrat hanya mengalir di tiga negara, mulai dari Turki, Suriah dan Irak. Kongo sama sekali tidak dilewati sungai ini. Jarak gunung emas di Kongo itu dengan sungai Efrat sangat jauh, sekitar 4.774 km. Sehingga pernyataan bahwa gunung emas di Kongo, itulah gunung emas sungai Efrat yang menjadi tanda kiamat, adalah ke’ngawuran’ alias hoax.

Semoga Allah memberi hidayah kepada kita semua untuk meniti jalan kebenaran.

Referensi :

– Athlas al-Hadits an-Nabawi, karya Dr. Syauqi Abu Khalil, penerbit : Dar al-Fikr – Damaskus, tahun 2005 M / 1426 H

Hamalatul Quran Jogjakarta, 7 Sya’ban 1442 H


Ditulis oleh : Ahmad Anshori

Artikel : TheHumairo.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here