Didoakan Malaikat, Pasti Mustajab Mau?

Bismillah..

Setidaknya ada dua alasan kuat mengapa doa malaikat terjamin mustajab :

Pertama, malaikat adalah makhluk Allah yang mulia. Tidak pernah durhaka kepada Allah, selalu mentaati semua perintahNya dan tak pernah melanggar laranganNya.

Kedua, banyak ayat dan juga hadis Nabi shalallahu alaihi wa sallam, yang menceritakan motivasi atau ancaman dengan doa Malaikat.

Oleh karenanya, para ulama menyimpulkan doa malaikat, mustajab. Diantaranya

Ibnu Batthol rahimahullah. Beliau mengatakan,

ومعلوم أن دعاء الملائكة مجاب

“Suatu hal yang tak asing bahwa doa Malaikat mustajab.” (Syarah Shahih Al-Bukhori 3/439)

As-Sindi rahimahullah juga berkata,

دُعَاءُ الْمَلَائِكَةِ يُرْجَى اسْتِجَابَتُهُ

“Doa malaikat berpotensi dikabulkan.” (Hasyiah As-Sindi ‘ala Sunan Ibni Majah, 2/224)

Abul Hasan Al-Mubarokfuri rahimahullah juga menegaskan,

دعاء الملائكة مستجاب

“Doanya malaikat mustajab.” (Mirqotul Mafaatih, 5/309)

Keterangan yang sama juga terdapat di kitab ‘Umdah Al-Qori (8/307) dan At-Taisir Bi Syarh Al-Jaami’ As-Shoghir (1/94). (Dikutip dari Islamqa.info)

Mustajab Doa Baiknya dan Mustajab Doa Buruknya

Contoh doa buruk malaikat :

Termaktub dalam hadis riwayat Imam Bukhori dan Muslim. Hadis sahabat Abu Hurairah beliau berkata, “Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا دَعَا الرَّجُلُ امْرَأَتَهُ إِلَى فِرَاشِهِ فَأَبَتْ أَنْ تَجِىءَ لَعَنَتْهَا الْمَلاَئِكَةُ حَتَّى تُصْبِحَ

“Jika seorang laki-laki mengajak istrinya ke ranjang lantas istri tersebut enggan memenuhinya, maka malaikat akan melaknatnya hingga waktu Shubuh.”

Al-Hafidz Ibnu Hajar rahimahullah menerangkan hadis di atas,

قَالَ ابن أَبِي جَمْرَةَ : وَفِيهِ دَلِيلٌ عَلَى قَبُولِ دُعَاءِ الْمَلَائِكَةِ مِنْ خَيْرٍ أَوْ شَرٍّ ، لِكَوْنِهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَوَّفَ بِذَلِكَ

Ibnu Abi Hamzah mengatakan, “Hadis tersebut menunjukkan mustajabnya doa Malaikat. Baik doa kebaikan maupun keburukan. Karena Nabi shalallahu alaihi wa sallam menakut-nakuti dengan doa Malaikat.” (Fathul Bari 9/295, lihat juga Dalil Al-Falihin 3/109)

Contoh doa baik malaikat :

Seperti doa Malaikat untuk orang-orang yang bertaubat, doa malaikat untuk orang yang mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan saudaranya, doa malaikat untuk orang-orang yang duduk di masjid, doa malaikat untuk para penuntut ilmu agama, dan yang lainnya. Ini semua adalah dalil bahwa, pada doa mereka terkandung keutamaan dan sangat potensial dikabulkan Allah. Apalagi bila doa itu berulang-ulang.

Contoh doa baik malaikat, diantaranya disebutkan dalam hadis dari sahabat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda,

المَلاَئِكَةُ تُصَلِّي عَلَى أَحَدِكُمْ مَا دَامَ فِي مُصَلَّاهُ الَّذِي صَلَّى فِيهِ ، مَا لَمْ يُحْدِثْ ، تَقُولُ : اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ ، اللَّهُمَّ ارْحَمْهُ

Malaikat terus mendoakan seorang diantara kalian selama ia ditempat sholatnya, selama belum batal wudhunya. Malaikat berdoa, “Ya Allah ampunilah dia… Ya Allah sayangi dia.” (HR. Bukhori no. 445 dan Muslim no. 649)

Dari hadis ini, Imam Ibnu Batthol rahimahullah menjelaskan pesan hikmah yang sangat berkesan,

” فمن كان كثير الذنوب ، وأراد أن يحطها الله عنه بغير تعب : فليغتنم ملازمة مكان مصلاه بعد الصلاة ، ليستكثر من دعاء الملائكة ، واستغفارهم له، فهو مرجو إجابته لقوله : (ولا يشفعون إلا لمن ارتضى) الأنبياء/ 28 ، وقد أخبر عليه السلام أنه من وافق تأمينه تأمين الملائكة : غفر له ما تقدم من ذنبه ، وتأمين الملائكة إنما هو مرة واحدة عند تأمين الإمام ، ودعاؤهم لمن قعد في مصلاه دائمًا أبدًا ، ما دام قاعدًا فيه، فهو أحرى بالإجابة “

“Maka siapa yang punya banyak dosa. Kemudian ingin agar Allah menghapus dosa-dosa itu tanpa perlu berlelah-letih, silahkan menetap duduk di tempat ia sholat setelah sholat. Agar banyak mendapatkan doa dari malaikat dan istighfar para malaikat untuknya. Karena dia malaikat sangat potensial dikabulkan. Dalilnya firman Allah,

وَلَا يَشۡفَعُونَ إِلَّا لِمَنِ ٱرۡتَضَىٰ

Mereka tidak memberi syafaat melainkan kepada orang yang diridhai (Allah)… (QS. Al-Anbiya’ : 28)

Nabi shalallahu alaihi wa sallam juga mengabarkan bahwa, siapa yang bacaan aamiinnya saat sholat berbarengan dengan aamiiinnya Malaikat, akan diampuni semua dosanya yang telah lalu.

Bacaan aamiin malaikat hanya sekali, yaitu saat imam mengucapkan aamiin.

Doa malaikat untuk orang yang duduk di tempat sholatnya, terus berlanjut selama ia masih ditempat itu, tentu ini lebih mustajab lagi.” (Syarah Shahih Al-Bukhori, 2/95)

Contoh lainnya adalah, dari sahabat Abu Darda’ radhiyallahu’anhu. Beliau berkata, “Aku pernah mendengar Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَطْلُبُ فِيهِ عِلْمًا سَلَكَ اللَّهُ بِهِ طَرِيقًا مِنْ طُرُقِ الْجَنَّةِ ، وَإِنَّ الْمَلَائِكَةَ لَتَضَعُ أَجْنِحَتَهَا رِضًا لِطَالِبِ الْعِلْمِ

“Siapa menempuh jalan menuntut ilmu, maka Allah mudahkan untuknya jalan diantara jalan-jalan ke surga. Dan para malaikat akan meletakkan sayapnya, sebagai ungkapan ridho kepada penuntut ilmu.” (HR. Abu Dawud no. 3641)

Ibnu Jama’ah rahimahullah menjelaskan,

اعلم أنه لا رتبة فوق رتبة من تشتغل الملائكة وغيرهم بالاستغفار والدعاء له وتضع له أجنحتها ، وإنه لينافَس في دعاء الرجل الصالح ، أو من يظن صلاحه ؛ فكيف بدعاء الملائكة ؟

“Ketahuilah, tak ada derajat manusia yang lebih mulia, daripada derajat manusia yang Malaikat saja sibuk dengan derajat manusia tersebut, dengan mendoakan ampunan, doa kebaikan dan meletakkan sayapnya untuk manusia tersebut. Orang-orang berlomba-lomba mendapatkan doa baik dari orang sholih atau yang dia sangka sholih. Lantas bagaimana dengan doa malaikat?!” (Tarzkirotus Saami’, hal. 19)

Diselesaikan di Ponpes Hamalatul Quran  Yogyakarta, 14 Dzulhijjah 1441 H


Ditulis oleh : Ahmad Anshori

Artikel : TheHumairo.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here